Pemagangan IM Jepang, Makassar masuk Blacklist

Apa sih IM Jepang itu? Ringkasnya IM Jepang itu adalah Program untuk Pemagangan bekerja di Jepang yang di selenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja di Indonesia bekerja sama dengan International Manpower Jepang. Yang memberikan kesempatan anak muda Indonesia untuk bisa magang kerja di Jepang. Kalau mau tau lebih banyak dan lengkap pengertian IM Jepang bisa buka web http://www.pemagangan.com atau searching di google.

Untuk seleksi pemagangan Jepang ini biasanya di selenggarakan di daerah masing-masing oleh Dinas Tenaga Kerja di daerah tersebut. Tapi sangat disayangkan, ternyata untuk daerah Makassar sudah tidak ada lagi karena masuk daftar blacklist. Sejak tahun 2005/2006 Seleksi IM jepang sudah di hentikan untuk kota Makassar.

Untuk info blacklist ini saya dapat infonya langsung dari Sensei  di 2 LPK di Bandung yang saya datangi, sensei-sensei ini juga adalah Kepala LPK tersebut dan alumni pemagang Jepang, mereka juga adalah panitia penerimaan Seleksi Magang Jepang di ikopin Jawa Barat.

Dari dulu saya memang tertarik untuk ke Jepang, baik kuliah ataupun bekerja, saya menyukai Jepang karena anime-animenya dan juga budaya disiplin, serta etos kerja dan pola pikir orang Jepang, teknologinya dan banyak hal lainnya lagi. Kalau di sebutkan nanti kepanjangan. Hehehe

Sewaktu lulus dari SMK N 5 Makassar dulu juga saya sempat ikut seleksi beasiswa Jepang Monbukagakusho, lulus berkas tapi tidak lulus  seleksi karena nilai tes matimatika saya yang gagal. Hehehe, mungkin belum rejeki jadinya saya pun kuliah di salah satu universitas komputer di Bandung. Dan sekarang setelah lulus kuliah saya pun mencari info kerja di jepang, dan saya dapat info magang kerja Jepang dari website http://www.pemagangan.com

Setelah saya membuka website http://www.pemagangan.com dan membaca-baca informasi tentang pemagangan IM Japan ini,
dan saya pun melihat kalau akan ada seleksi untuk wilayah Jawa Barat di pertengahan bulan Agustus di Ikopin Jatinangor dan bulan september di dinas tenaga kerja Jabar.

Tadinya saya juga bertanya-tanya dalam hati, kenapa koq tidak ada seleksi untuk di kota Makassar. Tapi karena saya sudah 5 tahun ini tinggal di Bandung, 4 tahun kuliah, dan sekarang sementara bekerja freelance di salah satu konsultan IT di bandung, jadi saya pikir yah sekalian saja untuk ikut seleksi IM Jepang di Bandung.

Dan untuk mengikuti seleksi pun pastinya butuh persiapan, saya pun searching lagi di google untuk pelatihan persiapan seleksi IM jepang. Dan ternyata banyak juga LPK tempat pelatihan persiapan magang jepang ini baik di jawa barat maupun daerah lainnya, untuk di Bandung sendiri mungkin ada banyak yah tapi yang rencana saya datangi untuk mencari tau informasi langsung yaitu ada 2 LPK, LPK Pramudita di cikole Lembang dan Megumi Training Center di Cibiru.

Di LPK Pramudita Cikole Lembang saya bertemu dengan Sensei Asep Budiyana. Dia menjelaskan untuk biaya pelatihannya selama 3 bulan yaitu 3juta. Dan biaya kos 300rb/bln. Materi yang dipelajari semuanya tentang hal2 yang akan di teskan di seleksi nanti. Dan disini saya baru tau kalau ternyata kalau saya mau ikut seleksi harus KTP domisili Jawa barat minimal 2 tahun.

Mengetahui info ini sedikit kecewa juga, karena walaupun sudah 5 tahun saya di Bandung, saya tidak pernah bikin ktp bandung, ktp saya masih domisili Makassar, walaupun aslinya ibu saya juga orang Bandung tapi tetap saja patokannya itu KTP Domisili. Sementara ktp domisili saya itu ktp makassar. Disini saya juga baru sadar pentingnya KTP, coba kalau dari awal ke Bandung sudah mengurus KTP Bandung, mungkin masih bisa ikut seleksi IM Jepang di Bandung.

Dan juga Sensei Asep budiyana menjelaskan kalau asal KTP yang domisili Makassar kalau ikut pelatihannya boleh-boleh saja, tapi untuk seleksi nanti tidak bisa.

Walaupun sudah dapat info dari Sensei Asep Budiyana di LPK Pramudita Cikole Lembang, saya tetap tidak patah semangat, besoknya saya pergi ke Megumi Training Center di Cibiru , saya berharap kalau dari Megumi TC ini di bolehkan kalau ktp Makassar.

Tapi ternyata setelah bertemu dengan Sensei Tendi di Megumi Training Center ternyata memang kalau untuk KTP Domisili Makassar itu sudah di blacklist jadi tidak bisa lagi untuk ikut IM Japan jalur pemerintah, solusinya mungkin bisa ikut pemagangan Non IM atau swasta.

Sensei Tendi yang juga merupakan alumni pemagangan Jepang juga cerita, alasan kenapa Makassar masuk blacklist. Dulu waktu Sensei Tendi masih ikut pemagangan di Jepang, ada senpai (senior) nya 11 orang asal Makassar mereka kompak melanggar kontrak kerja, kabur dari tempat kerja yang sudah ada dalam perjanjian kontraknya. Itu alasan kenapa sejak tahun 2005/2006 ktp asal Makassar sudah tidak bisa ikut IM Jepang Jalur pemerintah.

Sayang banget yah karena perbuatan segelintir orang-orang egois jadi generasi selanjutnya yang kena dampaknya.

Ya mudah-mudahan saja kedepannya, pihak Jepang memberikan kesempatan lagi untuk anak2 muda dengan KTP domisili Makassar untuk bisa ikut seleksi IM Jepang jalur Pemerintah.

Buat kawan-kawan dari Makassar yang juga mungkin seperti saya, ayo tetap semangat mudah-mudahan melalui jalur Non IMM/ swasta kita bisa memperbaiki citra pemuda Makassar jadi bersih dan baik lagi dari sebelumnya. Dan memberikan kepercayaan kepada puhak IM Jepang agar kedepannya seleksi IM Jepang pemerintahan bisa terbuka lagi di Kota Makassar.

4 thoughts on “Pemagangan IM Jepang, Makassar masuk Blacklist

  1. ruslan says:

    .udah dapat LPK swasta yg mau mnerima KTP makassar belum, klo udh dpat,beritahu min, krna aku sngat brminat k jepang tpi KTP sy KTP provinsi sulsel

    Like

      1. sayasayasaya says:

        sekedar informasi perusahaan kami sekarang membutuhkan peserta magang ke jepang secepatnya karna permintaan job order dari jepang langsung ,mereka justru menginginkan orang sulawesi bagi yang kebingungan cari kerja chek INSTAGRAM ASIAN FIRST CLASS .THANKS

        Like

Leave a Reply

