Contoh Kasus Test Interview FGD (Focus Group Decission) Kredit Plus

Kali ini mau share gimana pengamalan pertama kali mengikuti Test Interview FGD di salah satu perusahaan finansial. Test FGD ini merupakan tahap interview yang saya jalani saat mengikuti test penerimaan Management Trainee di Perusahaan Finansial (lising) Kredit Plus. Semoga bisa memberikan gambaran untuk para peserta yang ingin mengikuti Test FGD.

Dalam test FGD ini peserta di berikan 5 pilihan kasus yang dimana Penguji meminta dirinya dianggap sebagai WaliKota, dan ada 5 masalah kritis yang harus di pilih orang para walikota tersebut, disini para peserta interview bertindak sebagai staff walikota tersebut.

Dan tugas kita disini adalah menulis di kertas selembar yang diberikan dan kemudian memilih dari 5 Masalah yang diberikan yang mana paling urgent untuk di selesaikan oleh Walikota.

Pilih tema masalah, Jelaskan Alasannya, dan Apa yang kita bisa perbuat untuk masalah tersebut.

Masalah yang diberikan oleh penguji FGD disini ada 5, yaitu :

1. Pemberantasan Korupsi

2. Peningkatan ekonomi masyarakat kelas bawah

3. Memperbaiki Moral Masyarakat.

4. Mengurangi Kemiskinan

5. Memaksimalkan penggunaan SDA & SDM

Setelah kita menulis di kertas tema masalah yang kita pilih, alasan memilih temanya, apa yang bisa kita buat untuk mengatasi masalah tersebut. Maka satu persatu peserta interview akan diminta untuk menjelaskannya di depan seluruh peserta interview dan penguji yang bertindak sebagai walikota.

Penguji akan menanyakan dan meragukan apa yang sudah kita jelaskan, disini kita harus tetap fokus terhadap poin-poin yang sudah kita tulis tadi dan jangan melenceng dari tema yang kita pilih.

Setelah semua peserta menjelaskan pendapatnya, maka kita akan dibagi menjadi dua kelompok, disini tiap kelompok di minta lagi untuk memilih tema masalah mana yang akan di angkat. dan di tugaskan untuk menulis pokok permasalahan, solusi, dan program kerja yang mereka bisa lakukan dalam 1 tahun.

Kemudian tiap kelompok diminta untuk mempresentasikannya di depan Penguji dan kelompok lainnya, setelah itu ada sesi pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain dan Penguji.

Demikian gambaran test FGD yang saya jalani, untuk hasil testnya saya sendiri belum tau apakah saya lolos atau tidak, karena pengumumannya akan di beritahukan via phone dari kantor pusat sebelum lebaran ini.

Nanti saya akan lanjut lagi bagaimana hasil test FGD saya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Advertisements

4 thoughts on “Contoh Kasus Test Interview FGD (Focus Group Decission) Kredit Plus

    1. danketorja777 says:

      setelah fgd itu tdk ada pengumuman dan pemberitahuan lgi, sy tanya ke peserta yg lain jg sama tdk ada kabar lgi. Persepsi sy mungkin angkatan sy wktu itu tdk ada yg lulus. makanya sbulan kemudian ada buka lagi lowongan yg sama.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s