Hati – Hati Penipuan HP Murah mengatasnamakan KINO PHONE CELL di Tokopedia

Saya mau share nih pengalaman hampir tertipu oleh Seller Penipu yang mengatasnamakan dirinya dari Toko Kinophonecell di Tokopedia. Sebenarnya modus penipuan seperti ini banyak terjadi dan tidak hanya mengatasnamakan Kinophonecell tapi mengatasnamakan toko yang punya reputasi bagus di Tokopedia.

Jadi modusnya gini sob, saya kan sudah beberapa kali order iPhone di Toko Kinophonecell di Tokopedia, karena memang toko ini punya reputasi yang bagus dan terbukti, makanya sayapun order berulang kali via tokopedia di toko ini. Sampai setelah orderan terakhir saya, saya dapat message pribadi di tokopedia dari “KINOPHONECELL..” dengan isi pesan yang intinya untuk orderan fast respon alias cepat bisa melalui BBM dan No Whatsapp yang dia kirimkan. Sayapun tanpa pikir panjang karena sudah langganan langsung add pin BBM dan save No Whatsappnya.

Sampai suatu saat saya dapat broadcast dari Whatsapp “KINOPHONECELL..” yang isi pesannya list harga hp murah banget jauh dari harga asli yang biasa saya beli melalui tokonya di Tokopedia. Sontak saya buru-buru dan mau order. Saya chat segera ini itu dengan penjual tersebut di whatsapp dan hampir deal tinggal transfer doang. Untungnya penjual via whatsapp ini sedikit aneh dan sedikit agak memaksa untuk cepat melakukan transfer biar tidak kehabisan stok barangnya. Disini saya mulai curiga, dan saya tahan dulu untuk tidak segera transfer pembayarannya.

Singkat cerita karena ada keraguan ini, saya pun cek lagi halaman informasi KinoPhoneCell di tokopedia, dan benar memang ada tercantum pin BBM sama seperti yang dulu masuk di pesan pribadi saya. Cuman anehnya di halaman informasi toko KinoPhoneCell ini tidak dicantumkan no whatsappnya. Kenapa yah? jadi saya pun mengirimkan pesan pribadi juga ke toko KinoPhoneCell via tokopedia, saya nanya mau minta no whatsappnya. Dan sebelum dibalas pesannya, saya juga cek di akun BBM yang saya add yang sesuai jg tercantum di informasi toko tersebut. Pas saya cek di BBM loh koq list harganya beda yah dengan yang di Whatsapp tadi?. Pas itu juga saya dapat balasan kalau KinoPhoneCell tidak sembarang memberikan no whatsapp ke pelanggan, kecuali untuk reture atau claim garansi.

Wahhh, mulai ketahuan nih, saya kemudian cek lagi yang dulu mengirimkan pesan di Tokopedia. dan benar, ternyata yang dulu kirimkan pesan saya di Tokopedia itu dari akun “KinoPhoneCell..”(ingat ada titik2 setelah kata). Sementara akun asli KinoPhoneCell tidak ada titik2 setelahnya.

Ini simple tapi kalau kita tidak teliti, dan karena sudah langganan jadi pas liat dikirain dari KinoPhoneCell asli padahal ini adalah akun penipu yang mengastanamakan Toko asli.

Alhamdulillah saya belum sempat transfer ke no rekening yang dikirimkan via whatsapp, dan selamat dari penipuan, saya kemudian lanjutkan chating dengan penipu tersebut dan saya bilangin aja dia penipu, eh langsung nomornya dia blokir. hhaha

Saran aja buat yang ingin belanja di Tokopedia, hati-hati jangan pernah transaksi di Toko-Toko besar di Tokopedia dengan cara transfer langsung karena tidak ada jaminan, dan sekarang saran ini juga sudah banyak tertulis di website tokopedia. Karena banyak sekali yang mengatasnamakan toko dengan reputasi baik untuk penipuan, dengan mengiming-imingi cepat respon dan harga lebih murah kalau order langsung via whatsapp dan transfer langsung dibandingkan dengan order via tokopedia.

Serta buat agan-agan yang mau belanja online di Tokopedia maupun marketplace lainnya bisa lebih teliti dan sabar, serta cek terus. jangan mudah tertipu dengan harga yang murah dan buru-buru tranfer..

Mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang mau belanja online.

Terima kasih

Leave a Reply

