Modus Penipuan Oleh Pembeli Di Tokopedia

Kalau sebelumnya, saya pernah membaca modus penipuan di Tokopedia oleh Penjual dengan menggunakan teknik phissing, dimana si pembeli mendapatkan email palsu yang seakan dikirim oleh admin Tokopedia padahal itu adalah email yang berisikan link palsu, dimana nanti si pembeli diminta memasukan data-datanya. Sehingga sang penjual palsu tadi mendapatkan data-data pembeli dan menggunakannya untuk mengkonfirmasi langsung bahwa barang sudah sampai, padahal si penjual belum pernah mengirimkan barang, dan Pembeli kaget tidak tau apa-apa uangnya sudah di ambil begitu saja, dan si penjual palsu tadi juga memberikan ulasan yang baik untuk jualannya sendiri dengan akun pembeli yang didapatkannya melalui teknik phissing.

Nah itu sekilas tentang modus penipuan yang dilakukan oleh Penjual, kalau sekarang saya mau share dari pengalaman saya sendiri yang berjualan di Tokopedia. Sebelumnya hampir setahun saya berjualan Alhamdulillah tidak pernah dapat masalah sampai minggu kemarin kejadiannya. Niat saya share ini agar para penjual di Tokopedia bisa lebih berhati-hati lagi dan lebih teliti dalam menjual.

Awalnya seperti biasa masuk orderan dari pembeli-pembeli, kemudian saya proses pembeliannya, dan singkat kata, sore hari saya melakukan pengiriman barang di JNE sesuai dengan jadwal pengiriman Toko saya. Karena barang dagangan Toko saya adalah pakaian seperti jaket dan celana jeans, setiap pengiriman pun saya tidak pernah menggunakan asuransi.

Nah salah satu dari orderan saya itu ada orderan Jaket Jeans dari Muhammad Ramlyy untuk di kirim ke Banjarmasin Utara Kalimantan Selatan. Biasanya untuk pengiriman dari Bandung ke Kalimantan itu paling lama juga 7-8hari, tapi kali ini setelah 10hari barang belum sampai juga. Sejauh ini tidak masalah sih, karena mungkin JNE di daerah sana lamban atau apalah.

Sampai keesokan harinya, ada konfirmasi bahwa barang saya di komplain di Menu Pusat Resolusi Tokopedia. Si pembeli ini menyatakan bahwa barang yang saya kirim adalah Jaket bekas dan bukan jaket jeans yang sesuai pesanannya dan dia meminta agar dananya yang masih berada di pihak Tokopedia harus di kembalikan, tidak ada solusi lain. Disini saya jelas kaget karena setelah hampir setahun berjualan di Tokopedia belum pernah ada kejadian seperti ini, dan saya tidak pernah kirim jaket bekas, ulasan dari pembeli-pembeli saya pun selalu bagus. Kalaupun terjadi kesalahan paling beda ukuran size dan kalau seperti itu saya jamin barang di reture.

Sayapun meminta agar pembeli mengupload foto jaket yang saya kirim yang disebut bekas tersebut melalui BBM atau whatsapp, agar bisa lebih jelas, dan tau orangnya, tapi dia tidak mau kirim via bbm dan whatsapp, dia hanya kirim via tokopedia dengan alasan biar menggunakan fitur tokopedia aja. Dan setelah saya lihat fotonya ternyata packingannya pun sudah berbeda, dari packingan asli berupa amplop coklat besar jadi plastik hitam yang di tempelkan sobekan bekas amplop saya, di tempat tertulis alamatnya dan jaket memang bukan jaket jeans yang saya kirim.

Packingan yang biasa saya kirim.

 

Packingan yang datang.

Awalnya saya mungkin ini kesalahan pihak kurir, mungkin ada pihak kurir yang nakal yang membuka packingannya dan mengganti dengan bungkusan plastik hitam biasa. Saya pun melapor ke JNE pengiriman dan yah tidak bisa apa-apa karena pengiriman tidak menggunakan asuransi. Tapi saya mulai curiga dengan si pembeli ini, karena saya meminta BBM dan Whatsapp nya pun dia tidak mau, sedikitpun dia tidak mau menunjukan identitasnya, saya telepon no hpnya juga awalnya tidak di angkat kemudian tidak aktif lagi, dan saya menawarkan untuk mengirimkan ulang jaket jeans baru dia tidak mau dengan alasan ini itu. melaui pesan di menu Pusat Resolusi Komplain tokopedia, dia cuman mau uang yang masih di pihak tokopedia itu di kembalikan.

Akhir cerita karena ini pertama kalinya kejadian seperti ini, setelah hampir setahun saya berjualan di tokopedia, saya ikhlasin aja karena harga juga masih kisaran seratus ribu. Yang gituan gak bakalan berkah.

Disini saya tidak mencoba untuk minta ganti rugi, merusak nama baik dan menyalahkan pihak  JNE apalagi Tokopedia. Selama saya berjualan di Tokopedia saya sangat senang dengan fitur-fiturnya yang banyak dan gratis, apalagi fitur promosi produknya yang sejam sekali juga gratis dibandingkan tetangga sebelah yang harus beli paket push.

Disini cuman mau share aja pengalaman saya, jangan sampai kejadian ini terjadi ke Penjual-penjual lain di tokopedia, apalagi penjual yang barang dagangannya harganya mahal, dan agar penjual lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam menjual dan mengirimkan barangnya. Karena namanya penipuan di jaman sekarang macam-macam aja modusnya, apalagi buat kita yang masih belum melek dalam teknologi.

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

